INTERNATIONAL SEMINAR OF INTERNATIONAL RELATIONS 2022

INTERNATIONAL SEMINAR OF INTERNATIONAL RELATIONS 2022

Seminter

Dalam beberapa tahun terakhir, negara-negara Asia Tenggara telah menampung pengungsi dan pencari suaka dalam jumlah besar, terutama yang sedang dalam perjalanan ke negara-negara penerima pengungsi seperti Australia. Posisi Asia Tenggara sebagai kawasan “transit” membuat para pembuat kebijakan dan akademisi mengakui banyak negara Asia Tenggara sebagai “gudang potensial pencari suaka”. Fenomena ini kemudian mendapat perhatian dari para akademisi dan pembuat kebijakan karena fakta bahwa negara-negara Asia Tenggara justru seringkali tidak menandatangani Konvensi Pengungsi 1951 dan protokol 1967, sehingga tidak ada kewajiban bagi negara-negara ini untuk melayani mereka yang transit. Hal ini menciptakan dilema bagi para pengungsi dan pencari suaka yang statusnya “terdampar” bahkan hampir tergusur.

Untuk lebih mendalami isu ini, Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram mempersembahkan International Seminar of International Relations 2022 dengan judul “Terdampar dalam Transit: Keadaan Pengungsi dan Pencari Suaka Menunggu Penempatan Baru di Asia Tenggara”. Seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para audiens dengan mengundang akademisi, pembuat kebijakan dan komunitas pengungsi untuk bertukar pikiran terkait isu ini.

Pembicara:
1. Dr. Antje Missbach, Professor of Sociology for Mobility and Migration, University of Bielefeld
2. Dr. Andika Wahab, Fellow Institute of Malaysian & International Studies (IKMAS), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)
3. Atika Yuanita, Chairperson of Perkumpulan SUAKA, Indonesia
4. H. E. Yuyun Wahyuningrum, Indonesia’s Representative to the ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR)

Acara ini akan dilaksanakan pada:
📅 : Kamis, 20 Oktober 2022
⏰ : 08.00 – selesai (GMT+8)
📍 : Ruang Senat, Universitas Mataram

Link Registrasi:
https://bit.ly//ISIR2022Registration

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:
Fadila: +62 812-3894-2565
Niken: +62 895-6274-74280

Kami menunggu partisipasi Anda. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan