Workshop Accademic Writing For International Publication

workshop
Upaya untuk meningkatkan daya saing Unram khususnya dalam bidang publikasi internasional mendapat perhatian yang serius dari Rektor Unram Prof Ir H Sunarpi, Ph.D. Rendahnya produktivitas civitas akademika Unram dalam publikasi ilmiah internasional tahun 2012(kurang dari 10 artikel ilmiah dari jumlah dosen Unram yang mencapai 10039) merupakan indikasi kuat bahwa berbagai upaya yang sungguh-sungguh harus dilakukan untuk memacu dan memotivasi civitas akademika untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam publikasi ilmiah internasional.
Publikasi internasional telah ditetapkan Kemendikbud menjadi salah satu indikator penilaian kemampuan intitusi dalam daya saing internasional. Publikasi ilmiah sangat penting dalam kaitannya menjalin kerjasama internasional dalam bidang riset dan pengabdian masyarakat. Mencermati hal tersebut di atas pada tanggal 15-16 Desember 2012 telah dilakukan Workshop on Academic Writing for Internasional Publications di Universitas Mataram dengan beberapa narasumber dari INA Frontier dan Staf Senior UGM Yogyakarta: Dr. Dicky Sofyan, dan salah satu akademisi dari University USA. Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta yang telah memiliki draft paper sehingga outcome dari workshop adalah peningkatan jumlah artikel ilmiah hasil penelitian yang dapat dipublikasikan dalam Jurnal Internasional.
Rektor Universitas Mataram akan melakukan berbagai daya upaya agar pada tahun 2013 ini ada peningkatan jumlah publikasi ilmiah dalam jurnal internasional yang tinggi dengan targetn > 30 artikel ilmiah pada jurnal internasional. Di samping akan terus melakukan peningkatan kapasitas SDM melalui workshop dan berbagai pelatihan lainnya, berbagai kebijakan akan digulirkan pada tahun 2013 ini, Rektor Unram akan mewajibkan civitas akademika untuk menerbitan artikel ilmiah dalam jurnal internasional dari hasil kerjasama riset internasional dan kerjasama riset-riset lain seperti dari sumberdana Kemenristek dan Dikti. Sebagai salah satu contoh kerjasama riset kolaborasi riset dalam Climate Change Adaptation Strategy yang sudah berlangsung selama 2 tahun antara CSIRO-AusAID-UNRAM dengan riset topik lebih dari 12 judul diharapkan minimal ada 12-15 artikel ilmiah dapat dipublikasikan dalam jurnal internasional demikian Ungkap Prof Sunarpi, Ph.D. Potensi riset kerjasama yang lain juga sangat besar untuk dapat dipublikasikan dalam jurnal internasional baik dari hasil kerjasama dengan NGO Internasional maupun Pemerintah Daerah. Disini para akademisi dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif untuk dapat memperoleh data-data hasil riset yang layak untuk publikasi internasional. Pada saat ini kebijakan sertifikasi dosen 2013 dan kenaikan pangkat dosen ke jenjang Lektor Kepala semakin ketat dan mensyaratkan kemampuan berbahasa inggris. Selain itu dengan meningkatnya tuntutan Beban Kerja Dosen (BKD) Gurubesar untuk publikasi internasional dan tuntutan pengajuan gurubesar yang semakin sulit tanpa publikasi internasional akan mendorong dan memacu peningkatan publikasi internasional di Universitas Mataram. Selanjutnya Rektor Unram berencana menggulirkan berbagai kebijakan untuk memacu peningkatan publikasi artikel ilmiah nasional dan internasional pada tahun 2013 (Bidang Kerjasama Unram).
publik1

Tinggalkan Balasan