LKM HMHI II, Februari 2016

23-25 Februari 2016, Divisi Strategi dan Pengembangan Wacana Universitas Mataram melaksanakan program kerjanya yang pertama, yaitu Latihan Kepemimpinan Mahasiswa. Program kerja ini penting dilaksanakan demi menanamkan rasa dan jiwa kepemimpinan di kalangan kepengurusan yang baru saja terpilih. Kegiatan ini didukung oleh seluruh seluruh bagian kepengurusan yang tergabung dalam sebuah kepanitiaan.

Seluruh kegiatan pada hari pertama dilaksanakan di ruang kelas prodi HI. Kegiatan hari pertama ini, hampir keseluruhannya adalah berupa penyampaian materi. Diantaranya adalah pemberian motivasi, games berupa riddle, materi penulisan ilmiah, dan materi keorganisasian. Pemateri dari setiap kegiatan tentu berbeda dan disesuaikan. Kegiatan hari pertama berakhir di sore hari bagi peserta dan malam hari bagi panitia kegiatan.

Hari berikutnya, kegiatan tidak lagi dilaksanakan di dalam ruangan. Panitia memilih menggunakan Taman Wisata Alam Suranadi sebagai tempat berlangsungnya acara. Sesuai jadwal, panitia dan peserta berangkat sekitar pukul 09.00 WITA ke lokasi. Setiba disana sekitar pukul 10.00 WITA, kegiatan dilanjutkan dengan materi team building yang dikemas dalam berbagai jenis games (ground outbond). Kegiatan ini berlangsung hingga sore hari, dan hanya diselingi beberapa kegiatan lain seperti ISHOMA. Tujuan dari kegiatan ini adalah selain menumbuhkan rasa saling percaya, kerjasama dan keeratan dalam lingkup pengurusan, juga diantaranya melatih mental dan kepercayaan diri dari setiap individunya. Setelah kegiatan tersebut berakhir, dilanjutkan lagi dengan penyampaian materi kepemimpinan oleh salah satu dosen prodi HI. Malam harinya, kegiatan dilanjutkan dengan games berupa lomba cerdas cermat seputar ke-HI-an dan dengan diterangi nyala api dari api unggun. Tengah malam hingga menjelang fajar, panitia menyiapkan sebuah acara kejutan yaitu jurit malam untuk para peserta. Jurit malam disebut sebagai kejutan karena tidak dicantumkan dalam rundown acara.

Keesokan harinya, rangkaian acara dimulai dengan senam pagi yang diinstrukturi oleh salah seorang pengurus lama HMHI. Usai senam pagi, peserta dipersilahkan untuk sarapan terlebih dulu sebelum melanjutkan ke kegiatan selanjutnya. Lomba kano adalah kegiatan selanjutnya, dimana bertujuan melatih ketangkasan dari masing-masing diri individu. Usai kegiatan tersebut, peserta dan panitia diberi sedikit keleluasaan dengan bermain air sejenak di salah satu mata air yang ada disana.

Setelah seluruh agenda terlaksana, peserta dan panitia melakukan persiapan untuk pulang. Penutupan acara dilakukan dengan diikuti sesi foto bersama.

Tinggalkan Balasan