Kuliah Umum, Oktober 2014

Well kegiatan civitas akademika HI selanjutnya adalah menyambut seorang tamu istimewa. Guest it….!! Ya ibu Baiq Wardhani. Beliau adalah tamu istimewa PRODI HI yang selanjutnya. Nah, rekan –rekan HI pasti sudah pada tahu mengenai ibu Bq. Wardhani ini, sekedar mengingatkan kembali nih, bu Wardhani ini adalah ketua Program Studi program magister (S2) Hubungan Internasional Universitas Airlangga. Luarbiasa, selain itu ibu Wardhani juga pernah menjabat ketua program studi S1 Hubungan Internasional UNAIR. Usut punya usut rekan – rekan ternyata bu Ani, panggilan Bu Wardhani, merupakan angkatan pertama Program Studi HI di UNAIR dan yang lebih luar biasanya beliau adalah putri Asli NTB. Bangga dong pastinya jadi putra – putri NTB. Semoga jadi motivasi buat rekan – rekan semua.

Dalam lawatan kali ini ke Lombok kata bu Ani dilakukan dalam rangka pulang kampong katanya. Namun ternyata para dosen kita dengan luar biasanya mampu mengundang bu Ani untuk berkunjung ke program studi HI UNRAM. Dalam kunjungannya ini, bu Ani melakukan beberapa aktifitas di beberapa program studi baru di UNRAM, yaitu Program studi HI, Komunikasi dan Sosiologi. Dalam kunjungannya ke PRODI HI, bu Ani sempat memberikan kuliah umum buat mahasiswa HI . Dengan tema overview studi konsentrasi hubungan internasional, bu Ani memberikan banyak pemahaman baru tentang HI kepada kami selaku mahasiswa angkatan pertama PRODI HI UNRAM.

Sekedar mengingatkan rekan – rekan nih, penjelasan bu Ani saat kuliah umum tak hanya sebatas konsentrasi dan mata kuliah saja. Beliau juga memaparkan tentang kedudukan HI di antara bidang ilmu lainnya. Beliau mamaparkan bahwa HI berada di cutting point dari beberapa bidang ilmu, yaitu hukum, ekonomi dan politik. Tak hanya itu bu Ani juga memaparkan peluang kerja lulusan HI kedepannya. Wah pokoknya mantap buat yang ikut kuliah umum sama bu Ani. Selain itu, bu Ani juga mengingatkan bahwa lulusan HI harus benar – benar berkompeten terlebih persaingan di masa akan datang itu luar biasa ketatnya.

Dengan kuliah yang luar biasa dari bu Ani, tentu rekan – rekan tambah bersemangat untuk berkembang di PRODI HI ini. Ada beberapa rekomendasi juga nih dari bu Ani buat rekan – rekan yang ingin melanjutkan studi magister di luar negeri. Nah dari beberapa pertanyaan tentang hal ini, bu Ani menyebutkan beberapa unversitas terkemuka dunia yang bagus untuk kita menimba ilmu HI lebih dalam, antara lain FSIR (Fletchur School of Internasional Relation) di Amerika, Jhon Hopkins School of International Relation, Harvard University, dan lain – lain. Jadi makin semangat kan rekan rekan ? Pastinya. Kita harus bisa mencontoh bu Ani, beliau berhasil membuktikan bahwa kita sebagai putra daerah juga mampu untuk bersaing dengan yang lain. Hal tersebut beliau buktikan dengan keberhasilan beliau menuntaskan studinya di eropa dan mendapat gelar Ph.D.-nya. Kita juga bisa kawan. Semangat dan salam Internasional !!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan