HI HANDS, Desember 2014

“ HI HANDS ” diselenggarkan pada tanggal 16 Desember 2014, yang kali ini di adakan di Sekolah Luar Biasa Kota Mataram. Sekolah ini merupakan salah satu pendidikan khusus bagi siswa penyandang disabilitas yang ada di Kota Mataram khususnya bagi anak yang tuna – rungu, tuna – daksa, dan autis. HI HANDS dilaksanakan dalam rangka sosialisasi seklaigus menjalin persaudaraan dengan anak – anak SLB.

Dalam kesempatan ini, perwakilan divisi jaringan dan kerjasama mengadakan berbagai kegiatan, untuk menjalin kebersamaan dengan siswa – siswai SLB, tergambar di wajah mereka semangat dan antusias siswa – siswi mengikuti kegiatan yang disiapkan oleh panitia, sebelum memulai lomba, salah satu siswa SLB menunjukkan bakat pantomimnya. “ Kami sangat kagum akan bakat dan kemampuan teman – teman di sini, mereka tidak kalah dengan anak – anak yang normal.”

Sambutan hangat dari para staf dan siswa – siswi SLB sangat terasa saat rombongan mahasiswa HI UNRAM sampai di tempat tersebut. “ Kami sangat sengang mendapat kunjungan dari mahasiswa HI UNRAM,” demikian di katakan oleh kepala Sekolah SLB. Beliau juga mengatakan banyak anak –anak dari SLB menguikuti berbagai lomba dan sudah banyak menjuarai di tingkat kota maupun provinsi, prestasi tersebut antara lain, lomba sains, lomba tari, hingga lomba make up. Prestasi yang membagakan bagi SLB dapat menunujukkan kemampuan mereka di masyarakat banyak sekaligus membuktikan bahwa mereka mampu bersaing di masyarakat.

Setelah itu, siswa – siswi disana terlihat sangat antusias dalam perlombaan ini, para siswa – siswi SLB Mataram menyuguhkan bakat mereka di depan juri penilai, mereka sangat menghibur kita semua yang hadir, mereka menyuguhkan yel – yel hingga tari, semakin lama kekerabatan di ruangan semakin terjalin dengan siswa – siswi. Kami sangat bangga dengan bakat yang mereka tunjukka, mereka sunguh luar biasa, walaupun memiliki kekurangan, tetapi kekurangan itu mereka bukan menjadi penghalang mereka untuk bereaksi. Mereka sungguh luar biasa. Kemudian panitia menyerahkan bingkisan kepada para siswa – siswi di SLB yang memenangkan perlombaan. Acara ini mereupakan suatu pengalaman yang berharga bagi kami mahasiswa HI. Kami senang bisa berkunjung ke tempat ini, untuk saling berbagi dengan teman – teman di sini.

Sebagai bentuk kebersamaan, dan akhir perpisahan acara, panitia mengadakan acara cap tangan di kain kasa putih, di mana siswa – siswi beserta mahasiswa HI mewarnai tangan lalu menancapkan tangan mereka di atas kain sebagai tanda HI HANDS telah melaksanakan kegiatan persaudaraan dengan siswa – siswi SLB Mataram. Kain putih mulai tertutupi cap tangan warna – warni siswa – siswi acara di ruang kelas semakin penuh dengan canda tawa dan semangat luar biasa dari anak – anak membuat perpisahan dengan mereka begitu haru, acara semakin hangat akan persaudaraan walaupun baru berjumpa dengan mereka. Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan guna menumpuk solidaritas dan sebagai upaya pembinaan melalui pendidikan karakter dengan sebuah kegiatan nyata.

Pesan yang dapat diambil dari perjumpaan ini adalah, mahasiswa HI dapat berjumpa dengan anak- anak yang memilki semangat juang hidup yang sangat tinggi walaupun mereka memiliki keterbatasan, mereka begitu luar biasa. Keterbatasan mereka bukan menjadi penghalang untuk mereka menggapai cita – cita mereka, mereka mampu membuktikan kepada masyarakat bahwa mereka juga bisa dan tidak di pandang hanya dengan sebelah mata saja. Terima kasih kepada SEKOLAH LUAR BIASA KOTA MATARAM yang banyak memberikan inspirasi bagi Mahasiswa HI UNRAM.

Tinggalkan Balasan