Penandatanganan MoU: Jembatan Kolaborasi Universitas Mataram-Walailak University

Mataram – Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram kembali melebarkan sayap di kancah internasional pada Kamis, 9 Juni 2022 lalu melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Walailak University, Thailand, di Lab Diplomasi Gedung Soebiyanto, FISIPOL UNRAM. Kerjasama ini diusung oleh Walailak University dengan mengirimkan delegasi-delegasi mereka untuk penandatanganan dokumen kerjasama tersebut secara langsung dan membahas poin-poin yang akan dimasukkan dalam Memorandum of Agreement (MoA) nantinya. Penandatanganan MoU dan perancangan MoA ini diharapkan dapat menjadi gerbang pembuka bagi kolaborasi-kolaborasi akademik antara kedua universitas di masa mendatang. Dalam hal ini, Walailak University diwakili oleh Naruemon Klatookwan selaku Wakil Dekan Fakultas Ilmu Politik dan Hukum, serta Pensrei Panich selaku dosen di Fakultas Ilmu Politik dan Hukum, Walailak University, Thailand. Acara eksklusif ini turut mengundang perwakilan dari Rektorat Universitas Mataram, Bapak Yusron Saadi, ST., M.Sc., Ph.D., selaku Wakil Rektor Bidang Kerjasama Luar Negeri.

Acara pembukaan diisi dengan penampilan Tari Gandrung dan pemutaran lagu nasional kedua negara sebagai bentuk sambutan kepada para delegasi Thailand. Selain itu, beberapa sambutan disampaikan oleh perwakilan pihak Rektorat, Kepala Program Studi HI UNRAM, dan Naruemon Klatookwan. Sambutan pertama diberikan oleh Bapak Yusron Saadi, ST., M.Sc., Ph.D., beliau mengekspresikan antusiasmenya melihat kerjasama ini dilakukan oleh generasi muda sehingga menjadi penanda akan pengembangan yang lebih baik bagi kedua universitas. Kepala Program Studi HI UNRAM, Bapak Prof. Dr. Muhammad Sood, SH., MH., menyampaikan betapa pentingnya penandatanganan MoU ini sebagai dasar terjalinnya program-program kerjasama antara Universitas Mataram dan Walailak University. Sambutan terakhir diberikan oleh Naruemon Klatookwan, yang mengutarakan bahwa kerjasama dengan Universitas Mataram merupakan suatu terobosan bagi Walailak University, mengingat bahwa selama ini pihak mereka selalu menjalin kerjasama dengan universitas-universitas di Pulau Jawa.

Memasuki acara inti, MoU ditandatangani oleh Naruemon Klatookwan dengan didampingi oleh Kepala Program Studi HI UNRAM, Bapak Prof. Dr. Muhammad Sood, SH., MH., dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama Luar Negeri, Bapak Yusron Saadi, ST., M.Sc., Ph.D. Acara dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata kepada Walailak University sebagai tanda penghormatan demi terjalinnya kolaborasi akademik antara kedua kampus. Acara kemudian berlanjut dengan sharing session yang diisi oleh dosen-dosen HI UNRAM dan diskusi terkait butir-butir kerjasama yang hendak dicantumkan dalam MoA. Terakhir, rangkaian acara ditutup dengan makan siang bersama, menghidangkan menu-menu khas Lombok.

Meskipun kerjasama dengan kampus di luar Jawa merupakan hal baru bagi Walailak University, Naruemon Klatookwan menyampaikan optimismenya akan kolaborasi-kolaborasi akademik di masa depan. “Kami menyadari bahwa Indonesia memiliki keberagaman yang luar biasa, itulah yang ingin kami pelajari lebih lanjut. Lombok adalah salah satu tempat yang sangat menarik, kami juga merasa ada beberapa kesamaan budaya yang dapat menjadi landasan kelancaran kerjasama kita,” ujar Naruemon. Ia juga berharap bahwa kerjasama ini dapat melahirkan program-program unggulan seperti pertukaran pelajar dan pengajar antara kedua universitas. Perwakilan HI UNRAM, Ibu Ismah Rustam, S.IP., MA., juga menyampaikan harapannya terkait kerjasama ini. “Semoga tahun depan sudah ada kolaborasi, yang paling penting untuk student terlebih dahulu seperti summer course dan studi ekskursi,” ungkap beliau.

Penulis: Silmi Fadhlina