SDC 2022: Penanaman Bibit-bibit Diplomat

Mataram – Short Diplomatic Course (SDC) merupakan kegiatan akademis yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh HMHI Universitas Mataram. SDC merupakan salah satu kegiatan yang dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan wawasan terkait cara berdiplomasi. SDC tahun ini telah terlaksana pada Senin, 23 Mei 2022 di Hotel Grand Legi, Mataram. SDC tahun ini diikuti oleh 42 negara yang masing-masing diwakilkan oleh dua delegasi mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Mataram angkatan 2020. Adapun tema yang diangkat dalam pelaksanaan SDC tahun ini adalah “Overcoming the Effects Of Greenhouses Gases: Ensuring The Implementatition Of Environmental Policymaking”. Tema tersebut dipilih karena melihat permasalahan lingkungan merupakan isu global yang perlu diperjuangkan oleh seluruh negara-negara di dunia.

SDC merupakan simulasi konfrensi perserikatan bangsa-bangsa (PBB) yang dilakukan oleh para delegasi. Setiap delegasi akan merepresentasikan suatu negara dan bertindak sesuai dengan kepentingan negara yang mereka wakilkan. Di sini, para delegasi berusaha merepresentasikan kepentingan negara yang mereka wakili dalam mengatasi permasalahan lingkungan. Kegiatan ini memuat beberapa hal seperti penelitian, debat dan keterampilan dalam menulis paper. Selain itu, kegiatan ini juga melatih mahasiswa untuk berpikir kritis, melatih kerjasama tim dan kemampuan kepemimpinan.

Sama seperti tahun sebelumnya, SDC tahun ini memiliki 3 kategori award yang diperebutkan, diantaranya ada Best Posisition Paper, Best Delegates, dan Best Speaker. Tahun ini, delegasi dari India memenangkan 2 kategori sekaligus, yakni kategori Best Paper dan Best Speaker, sedangkan kategori Best Delegate dimenangkan oleh delegasi dari China.

SDC tahun ini berjalan dengan lancer dan menarik serta menjadi motivasi tersendiri untuk HMHI dalam melaksanakan kegiatan serupa yang lebih baik lagi setiap tahunnya. Kali ini tim website mencoba untuk mewawancarai Nilam, salah satu delegasi dari China yang menjadi pemenang kategori Best Delegates. Tahun ini merupakan pengalaman kedua Nilam dalam mengikuti SDC, di tahun sebelumnya Nilam merupakan pemenang dari kategori Best Speaker. Tahun ini, Nilam bersama rekannya yang menjadi delegasi dari China berhasil mememenangkan kategori Best Delegates. Menurut Nilam, SDC tahun ini memberikannya informasi baru terkait isu-isu lingkungan yang merupakan isu low politics. Nilam juga menuturkan bahwa sebagai delegasi dari China, SDC ini memberikannya pemahaman terkait kebijakan-kebijakan yang dilakukan China dalam mengatasi isu lingkungan yang ada.

 

Penulis: Sofia Alkaff

Editor: Silmi Fadhlina