Kunjungan HI UNRAM ke HI UMM

Kunjungan Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram dalam Rangka Studi Banding kepada Prodi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang

Kamis, 6 Oktober 2022

Kamis, 6 Oktober 2022, Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram (Prodi HI UNRAM) melakukan kunjungan ke Malang dalam rangka Studi Banding

khususnya kepada  Program Studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang (Prodi HI UMM). Bertempat di Kampus III Lantai Gedung Kuliah Bersama (GKB) yang berdekatan dengan Laboratorium Hubungan Internasional, beberapa delegasi dosen Prodi Hubungan Internasional, Universitas Mataram, disambut baik oleh bapak Ketua Prodi HI UMM yaitu Bapak M. Syafrin Zahidi, MA atau yang akrab disapa Bapak Syafrin. Selain itu, jajaran dosen lainnya yang ikut menyambut ialah Bapak Hafid Adim Pradana, MA., selaku Ketua Laboratorium Prodi HI UMM.

Diskusi dibuka dan dimulai oleh Bapak Syafrin dengan Memperkenalkan Prodi HI UMM secara garis besar, misalkan beberapa diantaranya terkait dengan:

  • HI UMM yang baru berdiri Tahun 2005.
  • HI UMM memiliki Dosen Praktisi yaitu mantan Duta Besar untuk Kolombia.
  • Kurikulum didesain compatible dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kemudian Bapak Prof. Dr. Muhammad Sood, SH., MH., memberikan terimakasih kepada Ketua, Sekretaris, dan Ketua Laboratorium serta dosen Program Studi HI UMM lainnya, yang telah hadir menyambut kedatangan tamu dari HI UNRAM. Kemudian beliau memperkenalkan jajaran dosen HI UNRAM yang ikut hadir yaitu, perwakilan Bidang Kurikulum, Kemahasiswaan, Laboratorium Diplomasi, Penjaminan Mutu dan Akademik serta Tata Usaha (TU),  Prodi HI UNRAM.

Diskusi berlanjut membahas yang menjadi maksud dan tujuan HI UNRAM berkunjung yaitu untuk belajar terkait pengelolaan Laboratorium dan Kurikulum. Berikut beberapa hasil dari diskusi yang telah dilakukan, yaitu terkait dengan:

  1. Kurikulum HI UMM dan keselarasannya dengan MBKM.
  2. Informasi Konversi Skripsi.
  3. Laboratorium HI UMM memiliki core yaitu “Komunitas Kajian”.

Diakhir acara kegiatan studi banding ini, ditutup dengan pemberian cinderamata dari Prodi HI UNRAM Ke Prodi HI UMM Sekaligus Foto Bersama.