Sosialisasi Magang Hubungan Internasional Universitas Mataram

            

              Para mahasiswa Hubungan Internasional semester IV dan VI kini tengah disibukkan dengan persiapan magang yang akan dilaksanakan selama satu bulan dalam waktu terdekat. Untuk memberi pengarahan dan penjelasan lebih lanjut tentang kegiatan magang tersebut maka pada pada hari rabu, tanggal 24 Mei 2017 pukul 13.00 WITA di ruang 3.3 gedung Soebiyanto, Universitas Mataram diadakan sebuah sosialisasi magang oleh program studi Hubungan Internasional bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HMHI) Universitas Mataram. Sosialisasi yang sama sebenarnya telah dilakukan beberapa bulan yang lalu namun sosialisasi tersebut hanya diikuti oleh mahasiswa semester VI sehingga diperlukan sosialisas kembali khususnya untuk para mahasiswa semester IV yang akan mulai melaksanakan kegiatan magang sekitar bulan Januari hingga Februari mendatang.

         Dalam sosialisasi tersebut dibuka oleh ketua prodi Hubungan Internasional (HI) Universitas Mataram, bapak Dr. Muhammad Sood, SH., MH. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian beberapa hal penting terkait kegiatan magang oleh salah seorang dosen HI Universitas Mataram, yaitu Ibu Mala Mardialina, S.IP, MA. Pada kesempatan tersebut Ibu Mala menjelaskan tentang persyaratan administratif untuk melakukan magang, yaitu mahasiswa minimal harus telah menyelesaikan 110 SKS dari perkuliahannya. Kemudian dilanjutkan dengan mekanisme atau masalah teknis dalam administrasi untuk mengajukan lamaran magang. Setiap mahasiswa yang telah menentukan tempat untuk magang diwajibkan untuk meminta surat terlebih dahulu dari prodi sebagai surat pengajuan yang nantinya akan diserahkan kepada tempat yang menjadi tujuan magang tersebut. Kemudian mahasiswa akan mendapat surat konfirmasi dari tempat tujuan yang menandakan bahwa mahasiswa tersebut resmi diterima untuk magang di tempat tersebut. Selama kegiatan magang para mahasiswa juga diwajibkan untuk menuliskan laporan dari kegiatan magang mereka selama sebulan atau lebih.

           Sosialisasi yang berlangsung sekitar satu setengah jam tersebut tidak hanya untuk membahas berbagai masalah tekhnis tentang magang namun untuk memastikan kembali berapa jumlah mahasiswa semester VI yang telah resmi akan melaksanakan kegiatan magang dalam waktu dekat sehingga mahasiswa lain yang masih mencari tempat tujuan magang dapat didata kembali dan berkonsultasi dengan para dosen mengenai kendala dalam mencari tempat tujuan magang. Dari sosialisasi tersebut telah didata bahwa terdapat 6 kelompok mahasiswa, yang masing-masing terdiri dari 4 sampai 6 orang per kelompok yang telah diterima untuk magang di berbagai daerah, baik di dalam maupun di luar negeri. Masing-masing kelompok kemudian didampingi oleh satu dosen pembimbing masing-masing yang nantinya akan menjadi tempat konsultasi tersebut.

Leave a Reply