Event HMHI UNRAM: International Relations Introduction and Try Out (INTRO)

Beberapa minggu menjelang SBMPTN Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional yang bekerja sama dengan salah satu program bimbel di Mataram, SSC (Sony Sugema College) berhasil melaksanakan kegiatan International Relations Introduction and Try Out (INTRO) di gedung FISIPOL Universitas Mataram pada hari Minggu, 23 April 2017. INTRO merupakan sebuah kegiatan yang tidak hanya memberikan fasilitas Try Out SBMPTN melainkan juga pengenalan terhadap program studi Hubungan Internasional sehingga peserta yang memang berminat mengambil jurusan Hubungan Internasional kedepannya dapat menambah wawasannya melalui kegiatan INTRO tersebut. Kegiatan ini juga disponsori oleh Youcan Indonesia.

Kegiatan INTRO diikuti oleh 102 peserta dari berbagai SMA yang ada di Lombok. Seluruh peserta tersebut kemudian dibagi menjadi lima kelas yang diberi nama Oceania, Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika untuk mempermudah pelaksanaan Try Out SBMPTN. INTRO sendiri menyediakan fasilitas tes berupa Tes Kemampuan Akademik (TKPA) serta Tes Soshum SBMPTN yang dibagi kedalam dua sesi. Sesi pertama, yaitu TKPA dimulai pada pukul 07.00 WITA hingga 09.15 WITA. Kemudian sesi kedua, yaitu Tes Soshum SBMPTN dimulai sejka 09.45 WITA sampai 11.00 WITA.

Pelaksanaan Try Out berjalan dengan lancar dengan diiringi wajah-wajah serius dari para peserta yang tentunya ingin mendapatkan hasil yang maksimal karena selain mengasah kemampuan mereka dalam menjawab soal-soal SBMPTN, INTRO juga menghadiahkan doorprize bagi 3 peserta dengan nila tertinggi. Setalah melewati jam-jam yang serius dengan menjawab soal-soal, peserta kemudian mendapat kesempatan untuk mendapatkan materi tentang Hubungan Internasional yang disampaikan langsung oleh dua dosen Hubungan Internasional Universitas Mataram , yaitu Ibu Mala Mardialina, S.IP., MA. Dan Ibu Ismah Rustam , S.IP., MA. Materi tentunya disampaikan dengan santai sehingga mudah dipahami oleh peserta. Hal ini terlihat dengan aktifnya peserta bertanya kepada kedua dosen tersebut.

Sesi kuliah tersebut berlangsung sekitar satu jam yang kemudian dilanjutkan ice breaking untuk semakin menambah semangat dan sekaligus memberi hiburan kepada para peserta. Dalam kegiatan ini peserta dihibur dengan penampilan stand up comedy dari salah satu komika dari Lombok, yaitu Lalu Sakti M. Hal ini sangat menghibur peserta dan berhasil mencairkan suasana setelah fokus dan konsentrasi mereka cukup terkuras untuk menjawab soal-soal sebelumnya. Setelah semangat telah terkumpul kembali peserta diajak untuk berkeliling Gedung FISIPOL Universitas Mataram gunamemperkenalkan berbagai fasilitas yang menunjang proses belajar mengajar di FISIPOL Unram. Sesi Class Tour tersebut menjadi penutup dari kegiatan INTRO pada hari itu. Beberapa hari kemudian pengumuman peserta yang mendapat nilai terbaik diumumkan melalui akun instagram HMHI Unram. Peringkat pertama diraih oleh Nadya Adha Ninggara dari SMAN 2 Mataram, peringkat kedua diraih oleh Dewi Cahya Husnul Haq dari SMAN 2 Selong, dan peringkat ketiga diraih oleh Nazhifa Salsabela dari SMAN 1 Mataram. Ketiga peserta tersebut mendapat doorprize dari HMHI Universitas Mataram sebagai hadiah peraih nilai tertinggi pada kegiatan INTRO .

Leave a Reply