Trainining on Teamwork and Leadership

Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Mataram bekerja sama dengan TNI AL Mataram telah berhasil melaksanakan kegiatan TOTAL (Training on Teamwork and and Leadership) pada tanggal 15 – 16 April 2017. Seperti terlihat dalam nama kegiatan tersebut, TOTAL merupakan sebuah latihan kerjasama dan kepemimpinan yang dibantu langsung oleh TNI AL Mataram. TOTAL diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari siswa, mahasiswa, hingga kalangan umum dari berbagai instansi di Lombok dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang.

Kegiatan pada hari pertama dilaksanakan pembukaan di markas komando TNI AL Mataram pada pukul 09.30 WITA. Pembukaan kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia, yaitu Elfan Lafindra serta Komandan Lanal Mataram, yaitu bapak Djentayu Suprihandoko, SH. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh beberapa pembicara. Materi pertama membahas tentang kepemimpinan dan keorganisasian serta nasionalisme dan jiwa patriotisme, yang disampaikan oleh Palaksa Gede Padang. Materi selanjutnya terkait manajemen disampaikan oleh bapak Zaid Arsyad Hidayat. Materi terakhir, yaitu kemaritiman disampaikan langsung oleh komandan Lanal Mataram, bapak Djentaya Suprihandoko, SH. Selama penyampaian materi tersebut para peserta sangat aktif bertanya hingga berakhirnya sesi materi dan dilanjutkan dengan waktu istirahat, solat, dan makan (ISOMA).

Tepat pada pukul 14.00 WITA disaat semua kegiatan di Markas Komando TNI AL Mataram telah selesai dilaksanakan, para peserta melakukan perjalanan menuju Lembar untuk mendapatkan pelatihan kepemimpinan di lapangan. Setibanya di Lembar, para peserta yang sudah dibagi menjadi 3 pleton besar dengan dengan satu orang pemimpin di tiap tiap pleton mendapat pengalaman untuk mendirikian tenda pleton yang ukurannya sangat besar. Dengan mendapat pengarahan dari TNI AL dan dibantu oleh para mentor dari HMHI, para peserta sangat antusias melaksanakan kegiatan tersebut.

Hingga malam hari berbagai kegiatan telah terlaksana, mulai dari diskusi kelompok, presentasi kelompok, hingga unjuk kebolehan terkait bakat-bakat yang dimiliki oleh peserta. Kegiatan tersebut ditujukan untuk membangun kekompakan dan rasa kekeluargaan mereka di tambah dengan adanya api unggun yang semakin mempererat suasana. Setelah semua kegiatan selesai peserta dipersilahkan untuk istirahat agar dapat melaksanakan kegiatan pada esok harinya dengan semangat.

Hari ke-dua TOTAL dibuka dengan pelatihan PBB yang didampingi oleh para mentor. Para peserta diajarkan gerakan-gerakan dasar dalam PBB. Tujuan PBB tidak hanya untuk melatih seseorang agar dapat menjadi seorang pengibar bendera namun PBB mengajarkan suatu kekompakan karena menuntut gerakan yang sang sama dan kompak sehingga peserta harus menghilangkan sikap egoisnya agar kekompakan gerakan PBB tersebut dapat dicapai. Setelah PBB selesai, kegiatan selanjutnya yaitu Upacara Bendera dengan petugas-petugas upacara ditunjuk dari para peserta. Usai upacara, dilakukan kegiatan games outdoor, pembongkaran tenda, hingga gerak jalan dan kemudian diakhiri dengan Joy Sailing. Kegiatan Joy Sailing,yaitu kegiatan berlayar menggunakan dua buah kapal perang yang telah disiapkan oleh TNI AL. Sebuah pengalaman luar biasa untuk menutup kegiatan TOTAL di Lembar pada hari itu.

Leave a Reply