Workshop Kepenulisan dan Etika Jurnalistik

Pada hari Jumat, 28 April 2017 kemarin prodi Hubungan Internasional Universitas Mataram bersama dengan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Mataram mengadakan sebuah workshop Kepenulisan dan Etika Jurnalistik di aula lantai 4 gedung Fisipol UNRAM. Workshop tersebut diisi oleh salah seorang penulis aktif di Kompasiana yang sekaligus penulis dari buku “Cara Narsis Bisa Nulis”, yaitu Ir. Rifki Feriandi yang telah menggeluti dunia menulis sejak tahun 2008. Dalam workshop yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut bapak Rifky menyampaikan materi dan berbagi pengalamannya selama Sembilan tahun berada di dunia kepenulisan. Penyampaian materi disampaikan dengan santai serta komunikatif sehingga peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa maupun umum dapat bertanya secara langsung dengan bapak Rifky mengenai tulis menulis.

Antusiasme peserta sangat terlihat ketika banyak sekali yang mengangkat tangan untuk bertanya. Hal ini tidak heran karena bapak Rifky menyampaikan materinya dengan bahasa yang sangat mudah dipahami. Dalam workshop tersebut, bapak Rifky juga ditemani oleh salah seorang penulis muda dari Lombok yang berbagi pengalamannya menggunakan tulisan sebagai alat untuk mempromosikan produknya.

Di akhir materi para peserta diminta untuk menonton sebuah video dan menuliskan sebuah paragraph dalam waktu lima menit mengenai apaun yang didapatkan dari video yang telah ditayangkan. Kemudian lima peserta beruntung dipersilahkan untuk membaca hasil tulisannya dan mendapatkan hadiah berupa buku yang ditulis oleh bapak Rifky, yaitu “Cara Narsis Bisa Nulis”. Dengan diberikannya doorprize berupa buku tersebut maka menandakan berakhirnya penyampaian materi. Workshop kemudian ditutup dengan sesi berfoto bersama.

Leave a Reply