Open Recruitment Pengurus HMHI UNRAM 2017

berita-open-recruitment-hmhi

Open recruitment untuk kepengurusan HMHI 2017 telah resmi dibuka pada Senin lalu. Berlokasi di Gedung Soebiyanto FISIP UNRAM, kegiatan ini secara resmi dibuka oleh ketua himpunan terpilih Hasbi Asshiddiqi pada pukul 09.30 WITA. Dalam kegiatan ini turut pula dihadiri oleh ketua himpunan tahun lalu Syarif Hidayatullah guna memberi semacam wejangan kepada para peserta open recruitment mengenai kiat-kiat menjadi seorang pengurus serta tantangan-tantangan yang akan dihadapi kedepannya. Selain itu, para peserta juga mendapat pengenalan mengenai divisi-divisi dalam tubuh HMHI UNRAM yang dipaparkan langsung oleh masing-masing ketua divisi.

Sekitar 20 mahasiswa baik dari angkatan 2015 maupun 2016 turut mengambil bagian dalam open recruitment pengurus HMHI UNRAM tahun ini demi mengincar delapan pilihan konsentrasi kerja yang tersedia. Delapan konsentrasi kerja di dalam kepengurusan HMHI UNRAM tersebut meliputi Financial Officer (FO), Administrative Officer (AO), Event Organizer (EO), Business Management (BM), Public Relation (PR), Information Technology (IT), Training and Development (TnD), dan Joy and Social (JS). Para peserta diminta hanya boleh memilih dua dari delapan konsentrasi kerja yang diminati.

Persyaratan untuk mengikuti open recruitment ini adalah bahwa para peserta harus telah mempersiapkan hasil cetak curriculum vitae (CV) mereka sebaik mungkin. Selanjutnya para peserta harus menghadapi serangkaian pertanyaan dalam tes wawancara yang diajukan oleh masing-masing ketua divisi. Tahapan tes wawancara ini dimaksudkan untuk mengklarifikasi kesesuaian antara bakat, kemampuan, serta pengalaman para peserta atau pelamar dengan apa yang tertuang dalam CV mereka. Dari pengamatan kami terlihat banyak pelamar yang begitu percaya diri menjelaskan kepada pewawancara terkait dengan kemampuan serta pengalaman yang mereka miliki namun tak sedikit juga para peserta yang terlihat kaku saat harus berhadapan dengan pewawancara.

Sebagian besar para peserta open reqruitment mengaku tertarik untuk bergabung dalam kepengurusan HMHI UNRAM dilandasi oleh keinginan untuk memanfaatkan organisasi ini dalam mencari relasi yang lebih luas. Bagi peserta yang sebelumnya tidak pernah memiliki pengalaman dalam dunia organisasi mencoba menjadikan HMHI UNRAM ini sebagai wadah mereka untuk berburu pengalaman dan merasakan seperti apa dunia organisasi tersebut. Motivasi yang tak kalah pentingnya ialah dengan bergabungnya mereka dalam kepengurusan, tentu akan semakin memperkaya CV mereka yang kelak akan sangat berguna dalam memasuki dunia kerja. Para peserta mengaku jika mereka kelak diterima sebagai pengurus, mereka siap untuk membagi waktu dengan himpunan dan siap menjadikannya prioritas utama. Dan apabila belum mendapat kesempatan sebagai pengurus, mereka mengaku siap menerimanya dengan hati terbuka.

Ketua HMHI UNRAM tahun 2016 yakni Syarif Hidayatullah mengaku kagum dengan antusiasme mahasiswa HI UNRAM yang mengikuti open recruitment di tahun ini mengingat jumlah pesertanya jauh lebih besar dari tahun sebelumnya. Syarif juga mengapresiasi semangat adik-adiknya ini yang dirasa memilki kemauan yang kuat untuk menjadi pengurus. Syarif berharap agar kepengurusan berikutnya untuk lebih solid sebagaimana yang tertuang dalam visi ketua himpunan saat ini semasa berkampanye, serta lebih bersatu lagi dan tidak berkubu-kubu demi melancarkan jalannya setiap program yang ada dan pengurus mampu menjaga komitmen hingga akhir masa jabatannya.

Ketua HMHI UNRAM yang menjabat saat ini juga menyampaikan harapannya untuk kepengurusan yang baru ini. Hasbi berharap khususnya untuk angkatan 2016 agar menghindari sindrom MABA, istilah yang dimaksudkan Hasbi ini ialah ketika mengikuti sebuah organisasi semangatnya hanya di awal saja, namun saat mulai dihadapkan pada banyak pekerjaan, perlahan-lahan semangatnya mulai tenggelam. Inilah yang tidak diharapkan Hasbi sebagai ketua himpunan untuk kepengurusan yang baru ini. Hasbi juga berharap kepada seluruh jajarannya untuk mencintai apa yang mereka kerjakan. Terakhir, Hasbi berharap untuk kepengurusan yang baru ini agar tetap solid, mampu memegang teguh komitmen mereka dan merealisasikannya ke dalam tindakan. (SH)