HI Visit KRI Dewaruci, September 2016

12 September 2016, Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram melakukan kunjungan ke Pelabuhan Lembar yang ada di Kabupaten Lombok Barat. Kunjungan ini merupakan buah dari rasa antusias seluruh mahasiswa hubungan internasional yang ada, utamanya bagi yang mengambil mata kuliah Kajian Kemaritiman Internasional. Kunjungan yang dilakukan adalah untuk mengenal dan mengetahui mengenai sejarah dan bentuk dari sebuah kapal legendaris milik Indonesia yaitu KRI Dewaruci dan untuk mengetahui hal-hal lain yang berkaitan dengan bidang kemaritiman dari para kadet.

KRI Dewaruci bersandar di Pelabuhan Lembar selama beberapa hari dan dibuka untuk kunjungan¬†masyarakat umum. Tujuan dari pelayaran KRI Dewaruci kali ini adalah untuk mempererat hubungan antar kadet yang berasal negara-negara Asia Tenggara, seminar bersama kadet se-ASEAN, dan sekaligus memberikan pengenalan kepada kadet-kadet ASEAN lainnya mengenai Indonesia, bahwa negara yang besar ini keindahannya tidak hanya terpusat di¬†Bali yang terkenal hingga ke mancanegara, tetapi juga tersebar di berbagai belahan Indonesia lainnya. Hal-hal tersebut tergabung menjadi satu dan diberi nama “ASEAN Cadet Sail 2016”. Pelayaran kali ini diikuti oleh 35 orang taruna dan taruni yang berasal dari 7 negara ASEAN dan akan singgah di beberapa daerah lain di Indonesia.

Jpeg
Penampilan “The Say HI Duo” di KRI Dewaruci

Tidak hanya belajar mengenai sejarah dan hal-hal yang berkaitan dengan kemaritiman, mahasiswa HI UNRAM saat berada di KRI Dewaruci juga turut memberi hiburan pada para kadet dan pengunjung lainnya dengan mempersembahkan penampilan “The Say HI Duo” yang merupakan homeband accoustic program studi HI UNRAM. Sebelum tampil di KRI Dewaruci, homeband accoustic program studi HI ini sudah pernah menjadi juara dalam sebuah kompetisi band akustik.

Leave a Reply